Tugas Kelompok Psikologi Belajar
Imam Damara 09-032
Ichsan Syah Lubis 10-011
Arief Tri Prabowo 10-118
Robert Gagne
Imam Damara 09-032
Ichsan Syah Lubis 10-011
Arief Tri Prabowo 10-118
Robert Gagne
Dari
hasil pembahasan yang telah dilakukan oleh kelompok, didapatkan berbagai
pendapat dari masing-masing anggota kelompok yang kemudian dibahas berdasarkan
teori belajar Robert Gagne. Adapun teori-teori yang dipakai seperti :
1. Keterampilan apresiasi dan penalaran manusia
dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai
manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada
peristiwa yang disebut dengan belajar (Gange,1985,h.1)
2. Tiga
prinsip pembelajaran yang efektif :
·
Memberikan pembelajaran
·
Memastikan bahwa setiap tugas komponen
itu dikuasai
·
Sekuensi tugas yang dikerjakan
3. Dalam
proses pembelajaran hal yang sangat dominan berperan yakni yang dipengaruhi
oleh stimulus respon dan kognitif.
4. Terdapat
5 asumsi dasar kondisi belajar Gagne, dua diantaranya adalah :
·
Banyak hasil belajar manusia
digeneralisasikan keberbagai macam situasi
· Belajar manusia adalah kumulatif;
belajar keterampilan yang kompleks didasarkan pada belajar sebelumnya.
5. Gagne melihat proses belajar mengajar dibagi menjadi beberapa komponen
penting yaitu :
1. Fase – fase pembelajaran seperti (1) Receiving the stimulus situation (apprehending), (2) Stage of acquisition, (3) Storage,
(4) Retrieval.
2. Kapabilitas manusia dari hasil belajar (outcomes)
seperti : informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan motorik,
sikap dan strategi kognitif.
3. Kondisi atau tipe pembelajaran seperti kondisi
internal dan eksternal atau lebih terperinci seperti signal learning, stimulus-respon learning, chaining, verbal
association, discrimination learning, concept learning, rule learning, problem
solving.
4. Kejadian-kejadian instruksional seperti :
persiapan belajar, akuisisi dan kinerja, transfer belajar.
6. Terdiri dari 3 komponen utama, yaitu : (a) sistem untuk menjelaskan diversitas kapabilitas manusia; (b) proses pemerolehan kapabilitas; (c) langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam belajar.
0 komentar:
Posting Komentar