Rabu, 10 Oktober 2012

Tugas Individu: Pengalaman Belajar Melalui Stimulus yang Diberikan

Dalam hal ini, produk yang saya buat adalah "surat wasiat dari ibu". Produk tersebut saya buat berdasarkan 3 stimulus yang diberikan, yakni: selembar kertas HVS dan dua lembar sertifikat. Dari ketiga stimulus itu saya kolaborasikan menjadi sebuah karya seni yang berbentuk gulungan kertas yang berisikan wasiat dari ibu


Adapun isi dari surat tersebut merupakan sebuah nasehat dari seorang ibu kepada anak agar menjadi manusia yang memiliki akhlak yang baik. Berikut isi suratnya:







Kaitan dengan teori Skinner: Dalam teori Skinner pada pengembangan strategi kelas, dosen pengampu Psikologi Belajar sengaja mengembangkan iklim kelas yang positif dengan cara memberikan stimulus berupa selembar kertas HVS dan dua lembar sertifikat. Lalu mahasiswa diajak untuk membuat suatu karya dari stimulus tersebut. Hal ini dilakukan agar menarik perhatian murid dalam memulai suatu pelajaran ataupun sebagai metode pembelajaran yang baru agar mahasiswa tidak bosan dengan metode belajar sebelum-sebelumnya. Tentu saja ini menjadi atensi besar bagi mahasiswa agar memiliki persiapan dalam mengikuti mata kuliah ini di kemudian hari dalam metode yang berbeda.

Adapun dari sudut pandang mahasiswa, perilaku mengerjakan stimulus yang diberikan merupakan reinforcement sekunder. Alasan saya menyebutnya sebagai reinforcement sekunder adalah perilaku mahasiswa dalam mengerjakan stimulus tersebut berharap supaya memiliki nilai yang baik dalam Psikologi Belajar. Seperti yang dikatakan Skinner tentang definisi reinforcement sekunder adalah penguatan berupa medali, sertifikat, dan penghargaan lainnya yang diasosiasikan dengan perhatian dan persetujuan individu berperilaku dalam stimulus yang diberikan.

0 komentar: