Senin, 25 Februari 2013

Tugas Paedagogi: Pengertian dan Analisis teori



Paedagogi ialah kajian mengenai pengajaran, khususnya pengajaran dalam pendidikan formal. Dengan kata lain, ia adalah sains dan seni mengenai cara mengajar di sekolah. Secara umum paedagogi merupakan mata pelajaran yang wajib bagi mereka yang ingin menjadi guru di sekolah. Sebagai satu bidang kajian yang luas, pedagogi melibatkkan kajian mengenai proses pengajaran dan pembelajaran, pengurusan bilik darjah, organisasi sekolah dan juga interaksi guru-pelajar.

Pedagogik merupakan kajian pendidikan. Secara etimologi berasal dari kata Yunani “paedos”, yang berarti anak laki-laki dan “agogos” artinya mengantar, membimbing. Jadi pedagogik secara harfiah berarti pembantu anak laki-laki pada jaman Yunani kuno, yang pekerjaannya mengantarkan anak majikannya ke sekolah. Kemudian secara kiasan, pedagogik ialah seorang ahli, yang membimbing anak ke arah tujuan hidup tertentu.

Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld (Belanda) pedagogik adalah ilmu yang mempelajari masalah membimbing anak ke arah tujuan tertentu, yaitu supaya kelak ia “mampu secara mandiri menyelesaikan tugas hidupnya”. Jadi pedagogik adalah Ilmu Pendidikan Anak Langveld (1980) membedakan istilah “pedagogik” dengan istilah “pedagogi”. Pedagogik diartikan dengan ilmu pendidikan, lebih menitik beratkan kepada pemikiran, perenungan tentang pendidikan. Suatu pemikiran bagaimana kita membimbing anak , mendidik anak. Sedangkan istilah pedagogi berarti pendidikan, yang lebih menekankan kepada praktek, menyangkut kegiatan mendidik, kegiatan membimbing anak. Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif mengembangkan konsep-konsepnya mengenai hakekat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan.

Berdasarkan kajian dalam buku Pedagogi, Andragogi, dan heutagogi karangan Sudarwan Danim, mengajar adalah aktivitas profesional guru. Di mana dalam menjalankan aktivitas profesionalnya itu guru mengombinasikan dimensi ilmu dan seni atau sebaliknya. Guru, yang merupakan tokoh utama dalam mengajar hendaklah lima dimensi pada aktivitas dalam mengajar. Adapun kelima dimensi itu adalah:
1.      Memfasilitasi peluang belajar
2.      Menata lingkungan edukatif
3.      Memotivasi belajar
4.      Menangkap pikiran dan hati
5.      Membangun keaktifan belajar

Tabel analisis tentang guru serta pengalaman selama di sekolah
No.
Berdasarkan Pengalaman Ketika Kelas 2 SMP
Berdasarkan Teori
1.
Menganggap guru sebagai buku yang dapat berjalan serta berbicara
Merupakan dialog antara guru dengan murid dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik
2.
Menganggap guru sering bercondong pada orang-orang yang memiliki predikat juara kelas
Harus mampu menghargai perbedaan individu dan percaya semua siswa dapat belajar dengan tingkat dan cara yang berbeda.
3.
Mengajar adalah sebuah kegiatan rutin yang dilakukan guru pada hari Senin sampai Sabtu
Mengajar adalah aktivitas profesional guru yang tidak hanya melibatkan seni dan ilmu dalam pengajarannya





0 komentar: